Page 2 of 4 FirstFirst 1234 LastLast
Results 11 to 20 of 31

Thread: [Fanfic Guide] Road to Be The Best

  1. #11
    RandoM-'s Avatar
    Join Date
    Apr 2010
    Location
    Jigoku =3
    Posts
    1,297

    Default

    @yang gak dukung:

    kalian jahat... T^T


    @kak Artes:

    bantu apa nih? >.<

    ngasih saran? saya malah mau minta petunjuk sama kak Artes, hehe...


    NYAN NYAN NYAN NYAN NYAN NYAN NYAN NYAN NYAN NYAN NYAN NYAN

  2. #12

    Talking

    Quote Originally Posted by RandoM- View Post
    @yang gak dukung:

    kalian jahat... T^T


    @kak Artes:

    bantu apa nih? >.<

    ngasih saran? saya malah mau minta petunjuk sama kak Artes, hehe...
    @random:
    ane dukung kok!......tapi postnya di sini donkz!

    credit goes to: Alfie07
    haven't use this siggy in a while .-.

  3. #13
    RandoM-'s Avatar
    Join Date
    Apr 2010
    Location
    Jigoku =3
    Posts
    1,297

    Default

    Quote Originally Posted by area 52??? View Post
    @random:
    ane dukung kok!......tapi postnya di sini donkz!
    iyaa, tapi kalau naskah saya udah di tolak 3x sama toko bukunya yaa? =3


    NYAN NYAN NYAN NYAN NYAN NYAN NYAN NYAN NYAN NYAN NYAN NYAN

  4. #14

    Join Date
    Mar 2010
    Location
    ..............................................................................................
    Posts
    1,093

    Default

    aku dukung 100%

    Quote Originally Posted by RandoM- View Post
    iyaa, tapi kalau naskah saya udah di tolak 3x sama toko bukunya yaa? =3
    di tolak 3x ya
    hmmm
    entar mau daftarin bukunya dmna biar ku sms tuh tmpat bukunya sekalian yg punya toko biar kak random di tolak 3x (hahaha)

    Kidding*^^

  5. #15
    kazf el-rahman's Avatar
    Join Date
    Sep 2010
    Location
    TS-U, THBG, RM, BT, CYSTG, VN, KDC, TDK, NY, MP, PM, VM, IDWS, [K], WP, W8, ALO, AW.
    Posts
    816

    Smile

    Quote Originally Posted by RandoM- View Post
    @yang gak dukung:

    kalian jahat... T^T


    @kak Artes:

    bantu apa nih? >.<

    ngasih saran? saya malah mau minta petunjuk sama kak Artes, hehe...
    Wah saya dukung kok kk....

    Lebih bagus kalo diterbitin, lebih enak bacanya.... hehe...
    - It's better to late, than never -
    Next - Chapter 13 Part 05

  6. #16
    Shureet's Avatar
    Join Date
    Feb 2009
    Location
    Asura Battleship
    Posts
    2,746

    Default

    Sedikit masukan dari saya:

    Quote Originally Posted by Masukan
    Konsistenlah dalam penentuan sudut pandang penceritaan, apakah itu orang pertama ataupun orang ketiga.

    1. Sudut pandang orang pertama

    Sudah jelas, dalam cerita yang menggunakan sudut pandang ini menggunakan tokoh 'aku' yang langsung terlibat dalam cerita. Sebagaimana dalam kehidupan nyata, tentu saja kita tidak tahu jalan pikiran yang terlintas dalam pikiran orang lain secara akurat.

    Contoh:
    Aku berjalan menyusuri sungai di kota kecilku ini. Sungai ini begitu indah, begitu bening. Sejenak langkahku terhenti. Aku melihat seorang gadis kecil di depanku. Matanya berbinar-binar melihatku, memandangku dengan tatapan kagum.

    Bukan seperti ini:
    Aku berjalan menyusuri sungai di kota kecilku ini. Sungai ini begitu indah, begitu bening. Sejenak langkahku terhenti. Aku melihat seorang gadis kecil di depanku. Gadis kecil ini begitu kagum akan sosok diriku yang sedang berlari.

    Mengapa contoh seperti itu salah? Perhatikan kalimat terakhir. Kalimat terakhir itu menyatakan bahwa seolah-olah penulis tahu jalan pikiran gadis kecil itu, seperti layaknya penulis serba tahu. Hal ini tidak diperkenankan pada sudut pandang orang pertama. Namun sah-sah aja bila ditambah dengan kata 'sepertinya, mungkin, dsb' karena hal tersebut termasuk pandangan subjektif (belum tentu akurat)

    2. Sudut pandang orang ketiga

    Sudut pandang orang ketiga terbagi dua:
    a. Sudut pandang diaan
    Pada prinsipnya tidak berbeda jauh dengan sudut pandang orang pertama, karena kita menggunakan sudut pandang dari sisi seorang karakter. Kita seolah-olah menjadi tokoh tersebut, memerankan tokoh tersebut.

    Contoh 1:
    Rei berjalan menyusuri sungai di kota kecil tersebut. Sungai itu begitu indah, begitu bening. Sejenak langkahnya terhenti. Ia melihat seorang gadis kecil di depannya. Matanya berbinar-binar melihatnya, memandangnya dengan tatapan kagum.

    Bukan seperti ini:
    Rei berjalan menyusuri sungai di kota kecil tersebut. Sungai itu begitu indah, begitu bening. Sejenak langkahnya terhenti. Ia melihat seorang gadis kecil di depannya. Gadis kecil itu begitu kagum akan sosok dirinya yang sedang berlari.

    Contoh 2:
    Seorang gadis kecil memandang sosok pria tegap sedang berjalan menyusuri sungai yang melintasi kotanya itu. Gadis itu begitu kagum akan dirinya. Begitu mata mereka beradu pandang, ia memberanikan dirinya menunjukkan senyumnya padanya. Lelaki itu membalasnya dengan sebuah senyuman pula.

    Bukan seperti ini:
    Seorang gadis kecil memandang Rei yang sedang berjalan menyusuri sungai yang melintasi kotanya itu. Gadis itu begitu kagum akan dirinya. Begitu mata mereka beradu pandang, ia memberanikan dirinya menunjukkan senyumnya padanya. Rei menyadari bahwa gadis kecil ini mengaguminya, lalu iapun membalasnya dengan sebuah senyuman pula.

    b. Sudut pandang serba tahu
    Inilah sudut pandang yang termudah untuk digunakan, karena tidak begitu banyak ketentuan yang mengekang. Kedudukan penulis adalah penulis serba tahu yang tahu semua jalan pikiran tokohnya secara akurat. Hal ini menyebabkan contoh-contoh yang salah pada contoh yang sudah disebutkan di atas berlaku bila menerapkan sudut pandang orang ketiga serba tahu
    Sekian masukan dari saya
    Ke thread ini yuk
    Download game saya dan mainkan

    Lihat kota kecil saya yuk: http://kriegsuvitzer.myminicity.com/

  7. #17

    Default

    senior udah berdatangan nich! (maaf OOT)

    ane sih mo kasi POV, tapi udah direbut ama yg di atas ane

    masukan dari kazf mana nich? >.<

    credit goes to: Alfie07
    haven't use this siggy in a while .-.

  8. #18
    kazf el-rahman's Avatar
    Join Date
    Sep 2010
    Location
    TS-U, THBG, RM, BT, CYSTG, VN, KDC, TDK, NY, MP, PM, VM, IDWS, [K], WP, W8, ALO, AW.
    Posts
    816

    Smile

    Quote Originally Posted by area 52??? View Post
    senior udah berdatangan nich! (maaf OOT)

    ane sih mo kasi POV, tapi udah direbut ama yg di atas ane

    masukan dari kazf mana nich? >.<
    Haha... Baca lagi page one-nya kk...

    Ayo para Master, tuliskan semua masukannya!

    Saya akan berusaha mencernanya dengan baik....

    @Kk Artes
    Bisa gk diberikan contoh setiap poin-nya. Tdk semua gpp sich. Yg penting-penting aja kayak poin 6 githu...
    Last edited by kazf el-rahman; 12-08-2010 at 08:25 PM.
    - It's better to late, than never -
    Next - Chapter 13 Part 05

  9. #19
    and-x's Avatar
    Join Date
    Jun 2009
    Location
    Whereever I want
    Posts
    327

    Default

    ada masukan lagi?

    mohon komen di FanFic ane ya gan Victory Road

  10. #20

    Default

    selama ini di forum travian baru hari ini tau adanya tempat bacaan yang asik gini...

    ayo berkarya lagi dong... asik nih... terutama bloody bladenya shureet bener2 enak dibaca... (walaupun banyak typo errornya)

    ntar baru baca yang laen d...
    Teuton My Lovely Tribe

Page 2 of 4 FirstFirst 1234 LastLast

Tags for this Thread

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •